Fitting Kaca Mata

Mungkin selama ini yang umum diketahui hanya urusan pesan baju/pakaian ke modiste atau desainer yang sering menggunakan istilah fitting. Eits.. kita bukan ngomongin soal lampu listrik lho ya. :-) Yak.. benar.. kita mau ngomongin soal pengepasan. Jadi, agar kacamata dapat nyaman dan berfungsi optimal saat dipakai, ia juga butuh fitting yang baik.
Ini adalah bagian – bagian bingkai/frame kacamata yang biasa disetel dalam proses fitting :
bagian - bagian frame
Sebelum bingkai kacamata dicobakan kepada calon pemakai, seyogyanya dilakukan penyetelan standar terlebih dahulu. Penyetelan standar ini meliputi:
1. Penyetelan kesejajaran bingkai.

  • Empat titik sentuh pada bidang rata.
    Pada saat bingkai kacamata diletakkan pada permukaan yang rata (betul – betul rata) dengan semua tangkai dalam posisi terbuka penuh, harus ada empat titik yang menyentuh permukaan bidang rata tersebut. Lihat ilustrasi ini:
    cek frame sejajar
  • Empat titik sentuh di bagian belakang rim.
    Ini adalah penyetelan untuk menyeragamkan jarak kedua lensa kacamata ke bola mata. Pengecekan dilakukan dengan menggunakan sebatang mistar yang ditempatkan di belakang rim dengan posisi seperti ilustrasi ini:
    cek frame sejajar
    Jika PD pemakai sama dengan PD bingkai kacamata, maka penyetelan mestinya menghasilkan 4 titik sentuh di bagian belakang rim seperti pada ilustrasi di atas. Empat titik sentuh itu tidak berlaku jika PD pemakai tidak sama dengan PD bingkai kacamata (umumnya PD pemakai < PD frame/bingkai kacamata), namun, celah antara rim di titik – titik 2 dan 3 ke tepi mistar harus sama. Lihat ilustrasi yang ini:
    cek frame sejajar
  • X-ing atau puntiran.
    Disebut x-ing karena posisi rim kanan dan rim kiri saling terpuntir pada bridge (jembatan yang menghubungkan rim kiri dan kanan) sehingga jika bingkai kacamata dilihat dari samping, kedua rim tersebut seolah – olah membentuk huruf X, seperti ilustrasi ini:
    cek frame sejajar
    Keadaan tersebut harus dibetulkan dengan menyetel agar kedua rim tersebut tidak lagi nampak membentuk huruf X.
  • Kesimetrisan bentuk.
    cek frame simetris

2. Penyetelan sudut bukaan tangkai (shank).
Bukaan tangkai kacamata disetel membentuk sudut 90° – 95° terhadap garis maya horisontal yang ditarik antara endpiece kanan ke endpiece kiri.
cek frame simetris

3. Penyetelan sudut formface.
Sudut formface atau disebut juga sudut liputan wajah adalah sudut yang terbentuk oleh kedudukan rim pada arah horisontal terhadap garis maya horisontal yang ditarik antara endpice kanan ke endpice kiri. Sudut yang besarnya berkisar antara 0° s/d 4° ini harus sama pada rim kanan maupun rim kiri.
atur formface

4. Penyetelan awal pada bantalan hidung (nosepad).
Kebanyakan bingkai kacamata yang berbahan sintetis mempunyai nosepad permanen yang sangat sulit (nyaris tidak bisa) untuk disetel, jadi, penyetelan ini lebih ditujukan untuk jenis bingkai kacamata yang memiliki adjustable nosepad. Ciri – ciri nosepad yang dapat disetel adalah memiliki tangkai nosepad (guard arm). Penyetelan awal ini bertujuan agar bidang rata/permukaan nosepad dapat duduk rata (ngeplek) pada permukaan hidung pemakai. Untuk ini, dilakukan 3 langkah penyetelan dengan cara merubah – rubah tekukan guard arm, yaitu:

  • Menyetel sudut depan (front angle).
    sudut depan nosepad
  • Menyetel sudut vertikal (vertical angle).
    sudut vertikal nosepad
  • Menyetel sudut splay (splay angle).
    sudut splay nosepad

Setelah proses dispensing (pemasangan lensa pada bingkai kacamata), perlu dilakukan cek ulang terutama mengenai kesejajaran dan kesimetrisan bentuk bingkai karena ada kemungkinan terjadi perubahan setelan pada saat proses dispensing. Banyak praktisi yang melakukan penyetelan standar hanya pada saat sesudah proses dispensing, tapi ini akan dapat menimbulkan beberapa masalah, terutama untuk kacamata dengan lensa berdioptri tinggi, lensa bifokal maupun lensa multifokus (progresif).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: