Menghindari Masalah Lensa Kontak

Menghindari Masalah Lensa Kontak

Kini banyak orang memilih menggunakan lensa kontak untuk membantu penglihatannya karena lebih praktis dan bisa mengganti warna bola mata. Selain praktis, penggunaan lensa kontak sering ada masalah.

Masalah yang paling sering ditimbulkan jika menggunakan lensa kontak adalah iritasi atau infeksi pada mata. Masalah yang timbul tersebut biasanya disebabkan oleh pemeliharaan lensa kontak yang kurang bersih atau kurang dalam penggunaan cairan lensa kontak sehingga lensa kontak menjadi kering dan bisa menempel pada mata.

Terdapat tujuh cara yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah pada lensa kontak, seperti dikutip dari Health24, Selasa (11/8/2009), yaitu:

  1. Ikuti instruksi dalam membersihkan lensa kontak dengan teliti untuk mencegah terjadinya infekasi pada mata.
  2. Cuci tangan hingga bersih dan kering sebelum memegang lensa kontak dan tetap menjaga kebersihan tempat lensa kontak, jangan pernah menggunakan air mentah biasa untuk menyimpan lensa kontak.
  3. Jangan digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama dari yang dibutuhkan, untuk mengurangi risiko infeksi. Serta jangan lupa untuk melepaskannya saat tidur, karena jika tidak lensa kontak akan kering serta menempel pada mata dan ini berbahaya.
  4. Selalu membawa tempat lensa kontak yang berisi cairan khusus dan botol tetes cairan lensa kontak untuk melembabkan mata jika ada keadaan darurat.
  5. Mengganti lensa kontak sesuai dengan jangka waktunya.
  6. Gunakan lensa kontak sebelum mengaplikasikan make up pada mata untuk mencegah make up masuk ke lensa. Ganti make up setiap 3 sampai 6 bulan untuk mengurangi risiko infeksi.
  7. Kunjungi dokter mata secara teratur setidaknya setahun sekali.

Sebaiknya bagi pengguna lensa kontak selalu membawa kacamata, sebagai cadangan jika suatu saat lensa kontak yang digunakan jatuh atau robek saat akan melepaskannya atau memakainya.

Jika saat menggunakan lensa kontak merasa tidak nyaman, timbul kemerahan atau penglihatan menjadi berbayang, maka segera lepas lensa kontak tersebut. Dan jika gejala ini masih terus berlangsung beberapa jam setelah lensa kontak dilepas, segera konsultasikan dengan dokter mata untuk mengetahui penyebabnya.

Tidak ada masalah jika ingin menggunakan lensa kontak. Asalkan benar dan tepat dalam pemeliharaan dan penggunaanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: